-->

Desa Siberuk Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, Komputer, blogging, SEO, Pertanian, Sosial, Pendidikan

SEKILAS TENTANG DESA SIBERUK TULIS


Desa Siberuk terletak di Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berbatasan dengan desa-desa lainnya. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Jolosekti. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Kaliboyo. Sebelah barat berbatasan dengan Desa Posong. Dan sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kebumen.
Rapat PNPM Desa Siberuk
Desa ini terbagi menjadi tiga pedukuhan: dukuh Siberuk, dukuh Siklenting dan dukuh Kedunglanggar. Pusat pemerintahan desa berada di dukuh Siberuk. Di desa ini terdapat hanya satu SD, yaitu SDN Siberuk, satu Pendidikan TK yaitu TK Srikandi, satu TPQ, yaitu TPQ Manbaul Huda. Juga terdapat KUD yang bertujuan memakmurkan para petani dan masyarakat di desa Siberuk ini.

           Jumlah penduduk di desa Siberuk ini terbilang sedikit. Menurut data  statistik Desa, Jumlah Penduduk Tahun 2011 berjumlah ± 1000 orang. Program KB di desa ini terbilang berhasil sehingga pertumbuhan penduduk bisa ditekan. Hal ini juga bisa di lihat dari jumlah murid SDN Siberuk yang hanya terdapat 74 siswa.

Mayoritas mata pencaharian penduduk desa adalah petani dan buruh tani, sebagian kecil PNS, pedagang dan wiraswasta. Karena lahan pertanian yang cukup luas dan air melimpah yang mengelilingi desa maka warga desa lebih memilih untuk bercocok tanam terutama tanaman padi. Karena desa ini tercukupi kebutuhan pangannya, maka pemerintah mempercayakan desa ini sebagai Desa Mandiri Pangan di Kecamatan Tulis.

Dilihat dari segi kerukunan dan keagamaanya, desa ini patut diacungi jempol karena masyarakatnya yang hidup rukun. Banyak desa-desa lain yang menilai desa ini adalah desa yang aman, desa yang religius dan kental keberagamaannya. Bila di desa-desa lain banyak terjadi keributan dan tawuran, main, minum judi dan sebagainya maka desa ini bebas dari hal-hal tersebut. Pemerintah desa dan masyarakat sangat tegas dalam menindak setiap terjadi pelanggaran-pelanggaran di atas tadi.

Karang Taruna di desa ini sangat kompak. Hal ini bisa dilihat dari adanya pertemuan-pertemuan karang taruna. Terdapat juga Tim Sepak Bola yang dinamai Siberuk SFC. Kegiatan Pemuda dan Pemudi yang lainnya seperti IPNU-IPPNU, Fathayat, Jama’ah Maulid Assyabab remaja Putra dll.

Di tahun 2012 ini. Di Desa Siberuk ini sudah terdapat SDM-SDM yang cukup mumpuni. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa pemuda dan pemudi yang lulus sampai Sarjana sehingga diharapkan mereka dapat memajukan Desa Siberuk ini di masa sekarang dan mendatang. Amin.





Labels: Desa Siberuk

Thanks for reading SEKILAS TENTANG DESA SIBERUK TULIS. Please share...!

3 komentar on SEKILAS TENTANG DESA SIBERUK TULIS

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Back To Top