-->

Desa Siberuk Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, Komputer, blogging, SEO, Pertanian, Sosial, Pendidikan

BAGAIMANA KITA MENYIKAPI SUATU MASALAH


Orang yang hidup tidak lepas dari yang namanya masalah. Masalah akan selalu menemani setiap langkah manusia. Manusia tidak dapat menghindar dari masalah. Jika ingin terhindar dari masalah maka tidak usah hidup saja.
Masalah kadarnya berbeda-beda. Ada masalah kecil, masalah sedang dan ada juga masalah besar. Setiap orang pernah mengalami dari ketiga kategori masalah di atas. Masalah kecil sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Masalah kecil mungkin bisa kita atasi sendiri. Masalah sedang dan masalah besar mungkin kita membutuhkan saran, masukan dan bantuan orang lain.
Contoh masalah kecil. Ketika kita sedang marah karena adik kita nakal memecahkan kaca jendela.masalah sedang misalkan ketika kita melanggar lalu lintas di jalan raya dan kena tilang polisi. Masalah besar contohnya, kita ditimpa bencana banjir yang menenggelamkan rumah kita, seorang pemuda yang ditinggal kawin oleh pacarnya dan sebagainya. Sebenarnya besar kecilnya masalah tergantung diri kita yang menyikapi. Antara orang yang satu dengan yang lainnya tidak sama dalam menyikapi dan menganggap suatu masalah.
Pengaruh dan efek dari masalah dapat menimbulkan suatu tanggapan yang negatif dan membahayakan seseorang yang tidak kuat untuk memikulnya. Suatu masalah juga bisa menimbulkan semangat bagi seseorang. Masalah juga dapat menjadikan seseorang bersikap lebih sabar dan dewasa. Berbagai akibat yang ditimbulkan oleh suatu masalah berbeda beda tergantung siapa yang mengalami dan reaksi dari orang tersebut. Bagi yang menganggap masalah adalah sesuatu yang berat dan membuat di frustasi dan putus asa maka masalah itu bisa berefek negatif bagi dia, bahkan dapat membahayakan dirinya sendiri karena banyak orang yang karena tidak kuat menanggung masalah akhirnya dia bunuh diri. Bagi seseorang yang menganggap suatu masalah adalah cobaan, dan pelajaran yang berharga, kemudian dia menyikapinya dengan lapang dada. Dan dia bersikap positif terhadap suatu masalah, dia menjadikan masalah sebagai bagian dari proses hidupnya, masalah sebagai sarana menjadikan dia menjadi lebih dapat memaknai kehidupan, masalah sebagai bagian dari proses menuju kedewasaan, maka dia dapat melewatinya dan pada akhirnya dia dapat mengambil hikmah dari setiap masalah yang dia hadapi di setiap langkah kehidupannya. Orang yang husnudzon terhadap suatu masalah akan mendapatkan hal yang positif dari yang negatif.
Sebagai seorang muslim kita percaya bahwa Allah tidak akan memberi cobaan, tidak akan menguji seorang hamba melainkan sesuai dengan kemampuannya. Allah tidak akan menguji seorang hamba yang dia tidak mampu memikulnya. Dan percaya bahwa suatu masalah akan ada solusinya. Setelah kesempitan akan ada kelapangan. Cobaan, masalah adalah bagian dari tes dan ujian kita oleh Allah. Bagi seorang hamba yang dapat melewatinya maka dia akan mendapatkan reward dari Allah. 
Labels: Islami

Thanks for reading BAGAIMANA KITA MENYIKAPI SUATU MASALAH. Please share...!

0 Komentar untuk "BAGAIMANA KITA MENYIKAPI SUATU MASALAH"

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Back To Top