-->

Desa Siberuk Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, Komputer, blogging, SEO, Pertanian, Sosial, Pendidikan

Trik melindungi Komputer dan laptop tanpa antivirus

Blog Desa SIberuk berbicara tentang Komputer. Percayakah anda bahwa Komputer bisa aman tanpa antivirus sama sekali? Ya pengalaman penulis sendiri, komputer dan laptop penulis sejauh ini baik-baik saja padahal penulis sama sekali tidak menginstal antivirus. Menurut penulis sendiri, program antivirus justru mengganggu dan ribet selain itu juga program antivirus ini memakan memori yang tidak sedikit. Antivirus akan membuat kerja komputer justru semakin lambat.

Kenapa bisa demikian? Ya sejak penulis mengenal CMD atau Command prompt, yaitu sebuah aplikasi bawaan dari Windows ini penulis dari tergantung antivirus menjadi sama sekali tidak tergantung. Dengan modal pengetahuan Sistem operasi dan DOS ini penulis memiliki trik sendiri di dalam menangani yang namanya virus yang menyerang sistem komputer.

Ms Config Windows
Ms Configuration

Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi sedikit tips cara mendeteksi dan menangani virus yang berada di sistem komputer, berikut langkah-langkahnya:

1.   Pertama kali silahkan anda buka Sistem konfigurasi dengan cara ketik “MSconfig” pada kotak run maka anda akan dibawa jendela System Configuration. Silahkan anda klik tab startup. Di situ dapat kita lihat program-program yang berjalan di startup komputer atau program yang berjalan saat Windows starts. Program-program komputer yang mencurigakan dapat anda hilangkan check listnya untuk menghentikan gerak virus.

2.   Yang berikutnya adalah kita buka task manager Windows dengan cara ketik ‘task mgr” di kotak run atau bisa juga melalui klik kanan pada taskbar kemudian pilih task manager, yang dapat juga menggunakan tomboh keyboard dengan cara menekan tombol CTRL ALT DEL secara bersamaan. Setelah jendela task manager terbuka silahkan pilih tab process. Di dalam process ini silahkan anda hentikan program mencurigakan yang dianggap virus dengan cara klik kanan di program tersebut selanjutnya pilih end task.

3.   Selanjutnya adalah kita cek Registry Windows. Silahkan anda ketik “Regedit” di kotak run. Setelah terbuka Registry Editor kemudian anda klik regedit, kemudian pilih
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Run
Atau juga di key ini :
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Run
Silahkan anda hapus key atau value yang dibuat virus di run ini dengan cara klik kanan dan pilih delete.

4.   Yang keempat adalah saatnya kita menggunakan CMD atau Command prompt dengan mengecek kemungkinan virus berada di Partisi System di C:\. Sekarang kita buka cmd dengan akun Administrator. Setelah terbuka kita posisikan di Partisi C:\ setelah kita berada di partisi C:\ langsung saja kita ketikkan attrib tekan enter. Maka kita bisa melihat file-file sistem yang tersembunyi beserta file virus yang mungkin berada di situ. Jika di situ terdapat file mencurigakan atau bisa jadi virus maka silahkan anda hapus namun sebelumnya kita rubah attribut file nya dari hidden menjadi unhidden dengan cara mengetikkan attrib –r –s –h file virus.exe /s /d. Baru setelah itu kita bisa menghapus file virus tersebut. Anda juga dapat mengecek virus yang berlokasi di C:\Windows, tetapi anda harus berhati-hati karena jika salah menghapus justru sistem operasi anda akan rusak.

5.   JIka virus tidak dapat dihapus atau susah dikendalikan maka anda dapat menghapusnya via Safe mode with Command Prompt. Dengan cara ini bisa dipastikan anda akan berhasil. Caranya adalah silahkan anda restart komputer anda kemudian tekan F8 sebelum Windows booting, selanjutnya anda akan dibawa ke pilihan boot safe mode, silahkan anda pilih safe mode with command prompt.



Mungkin itu sementara yang dapat penulis share, anda dapat update blog penulis untuk mendapatkan kelanjutan atau artike yang fresh lainnya. Thanks for reading..

Note:
Artikel ini adalah dari blog jitedot milik penulis juga. Penulis sudah menghapus blog tersebut dan menyatukannya dengan Siberuk My Village ini.
Labels: Computer

Thanks for reading Trik melindungi Komputer dan laptop tanpa antivirus. Please share...!

2 komentar on Trik melindungi Komputer dan laptop tanpa antivirus

  1. apakah anda ingin belajar komputer kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Back To Top